PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET

 

Permainan tradisional petak umpet

 




Siapa yang tidak tahu dengan Permainan tradisional petak umpet yang merupakan salah satu permainan yang banyak di gemari terutama di kalangan anak-anak, terutama di pedesaan, masih banyak anak-anak yang masih sering bermain permainan tradisional.  Salah satunya permainan tradisional petak umpet ini bisa di mainkan oleh dua orang atau bahkan lebih. Dengan cara salah satu menutup mata sambil berhitung dan sisanya berlari untuk  bersembunyi, lalu setelah itu penjaga akan mencari orang yang bersembunyi.

Petak umpet ini merupakan permainan asal dari yunani kuno ribuan tahun lalu, pada abad ke-2 SM, seorang penulis yunani bernama Julius Pollux yang menuliskan nama permainannya dengan apodidraskinda, tapi ada juga yang menyebutnya kryfto. Nama pwermainan ini memiliki versi nama yang berbeda di setiap negara nya, misalnya seperti di inggris, warga sana biasanya menyebutnya hide and seek, di spanyol biasa di sebut dengan el escondite, orang prancis dengan nama jeu de cache-cache,  orang korea selatan menyebutya sumbaggoggil, dan rumania biasanya memanggil nya dengan  de-av-ati- asecunselea.





Bahkan di negara Indonesia pun permainan petak umpet memiliki nama yang berbeda-beda tergantung daerahnya, seperti di daerah saya di sunda, biasanya saya sering menyebutnya dengan ucing sumput, di jawa, sering di sebut dhelikan, jethungan, jephungan, dan rok umpet. Walaupuun memiliki versi berbeda tergantung dengan nama negara dan daerahnya namun cara bermainya tetatplah sama tidak berbeda.

Di Nigeria negara yang bertempat di Afrika Barat itu, permainan petak umpet memilki nama Oro yang mana cara bermainya ini di mainkan dengan cara orang yang berperan mencari berdiri di tengah lingkaran besar yang di gambar pasir dan pemaiin lain bersembunyi, lalu pencari ini kemudian melangkah keluar dari lingkaran tanah tersebut untuk mencari dan mengejar teman temanya yang harus lari masuk ke dalam lingkaran tersebut untuk menyelamatkan diri agar aman.





Sedangkan di negara indonesia kita ini cara bermainya minimal dua orang, untuk memilih siapa yang akan berperan menjadi seorang pencari dan yang bersembunyi di tentukan melalui hompipah, dan biasanya anak yang kalah dalam hompipah akan menjadi seorang pencari, dan seorang pencari akan menutup matanya menghadap tembok sambil berhitung dan yang lain akan bersembunyi, jika si pencari menemukan teman-temanya ia lang berlari menyentuh tembok tempat jaganya, dan untuk menemukan penjaga selajutnya di tentukan dari orang pertama di temukan.

Permainan ini bermanfaat melatih kita dalam hal sosialisasi dengan teman, menjadi aktif, melatiih spoortifitas, konsentrasi, inisiatif dan tak lepas dari rasa senang. Dengan bermain permainan tradisional ini juga kita bisa bermain dengan banyak orang dan memperkuat pertemananan tanpa memandang suku, agama, dan ras nya, karena yang di perhatikan hanyalah rasa senang dan gembira.tidak peduli siapa yang bermain dengan kita, agamanya apa, suku nya apa, dari mana, ras nya apa, dengan bermain permainan tradisional juga membuat kita memperkuat solidaritas antar bangsa.

 

Di zaman sekarang ini semoga permainan tradisional ini masih sering di mainkan karena permainan tradisional juga merupakan warisan dari lelehur yang bisa kita lestarikan.

 

 

Sumber referensi :

Sejarah Petak Umpet, Permainan Tradisional yang Terkenal di Dunia - (dailysia.com)https://www.suara.com/lifestyle/2020/12/31/071414/dikenal-di-seluruh-dunia-ini-asal-usul-permainan-petak-umpet - :~:text=Permainan%20petak%20umpet%20tampaknya%20sudah,berbeda%2Dbeda%20di%20berbagai%20negara

√ Sejarah di Balik Permainan Petak Umpet - Riwayatmu

https://www.fokussatu.id/peristiwa-daerah/amp/pr-951284267/ini-sejarah-permainan-petak-umpet-yang-tak-termakan-oleh-zaman

 

Nama : Desi Chahyati Batubara

Prodi : ilmu komunikasi-3

NIM: 41822096


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FIFO, LiFo dan acc